Sabtu, 20 September 2008

Penerapan E-commerce pada Perusahaan Compaq

E-Commerce adalah transaksi online dari pembelian dan penjualan produk dimana bisnis tersebut dilakukan melalui internet. E-commerce pada perusahaan Compaq bekerja sama dengan perusahaan Commerce One, Inc. Program e-commerce tersebut bernama The Commerce Chain Solution. The Commerce Chain Solution terdiri dari Commerce One BuySite dan Commerce One MarketSite. BuySite adalah aplikasi pada internet yang dapat bekerja secara otomatis dalam memproses order dari pelanggan. Sedangkan MarketSite adalah situs pasar yang dapat membuka jaringan dan memproses secara otomatis interaksi antara pelanggan dengan pemasok dari pemesanan sampai pembayaran produk. Dengan e-commerce, Compaq mendapatkan banyak manfaat antara lain efisiensi perusahaan meningkat, biaya operasional mengecil, dan mempunyai workflow yang bekerja secara otomatis.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

oh... lw compaq.....
heheh dulu compaq emang lbih bagus cil dari dell.....
tapi
liat neh kutipan dari sebuah buku:

"Dell Computer yang merupakan contoh perusahaan yang memperoleh manfaat nyata dari penggunaan e-Commerce. Dell mula-mula menjual komputer lewat mail order. dengan Dell dapat menjual dengan harga dibawah persaingannya. Compaq yang saat itu pemimpin pasar penjualan PC, melakukan pemotongan harga untuk menyaingi Dell. Hasilnya Dell Computer menderita kerugian 65 juta dolar pada enam bulan pertama, yang menyebabkan hampir bangkrut. Akhirnya Dell melakukan rekayasa ulag dalam bisnisnya dengan mengenalkan e-Commerce.

Pada tahun 1999, Dell dapat menjual 1,7 juta dolar per hari lewat situs e-Commercenya. Saham Dell naik 2000 persen dalam dua tahun, dan akhirnya menjadi penjual PC terbesar di dunia"

ntu tahun 99 sih......gatau deh sekarang.....

okay bagus qta dapet perusahaan yang sebidang.....jadi bisa dibandingin ama diliat keuntungannya pake e-commerce deh.......hihihihi

Anonim mengatakan...

Emang sekarang E-commerce tuh penting banget bagi sebuah perusahaan, dengan nih program sebuah perusahaan bisa membuat produknya menjangkau dalam kancah dunia....bener2 bisa naiikin keuntungan berlipat-lipat...
Semangat belajar cil!!!

budiyanto_linus mengatakan...

ohhh, punya lu juga sama@ singkat padat , jelas, dan kita sependapat ya bahwa e-commerce itu sangat penting bagi perusahaan2 apalagi di zaman era globalisasi ini.