Rabu, 03 Desember 2008

Customer Relationship Management pada Hewlett Packard...

Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu strategi dari suatu organisasi dalam menjalankan bisnisnya. CRM memberikan sesuatu yang diinginkan oleh pelanggan secara konsisten. CRM biasanya melibatkan suatu database yang berisi informasi pelanggan. Strategi CRM pada Hewlett-Packard adalah melayani keluhan customer, memperhatikan feedback dari customer, menguatkan customer relationship dan membangun loyalitas customer. Hewlett Packard juga bekerja sama dengan Cambridge Technology Partners mempekerjakan 3,000 service agent untuk Product Support Division seluruh dunia, dengan pandangan khusus kepada produk dan informasi untuk menyelesaikan masalah customer yang rumit. Customer bukan hanya menjadi tanggung jawab dari satu bagian pada perusahaan namun juga menjadi tanggung jawab seluruh bagian perusahaan. Hewlett Packard mengusung prinsip close the loop yaitu kombinasi customer profile, produk, garansi, interaksi data dari berbagai sistem kepada satu pusat sistem. Tidak peduli departemen apa yang akan melayani customer, semua orang mempunyai akses kepada informasi yang sama.

Tidak ada komentar: