Knowledge Management adalah disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengumpulkan, mengorganisir, dan mengatur informasi agar para pekerja dapat bekerja dengan lebih cepat dan lebih efektif.
Tujuan penggunaan ilmu ini antara lain :
1.Menambah keuntungan perusahaan dan menopang inovasi-inovasi yang tercipta dengan membantu orang mengeluarkan idde-ide baru dengan lebih efektif.
2.Menambah keunggulan perusahaan dengan mengadaptasi perubahan pasar dengan cepat.
3.Meningkatkan efektifitas organisasi, meningkatkan jumlah profit, dan memperluas informasi.
4.Meningkatkan kompetensi perusahaan dengan mengurangi waktu pembelajaran untuk karyawan baru dan menjaga agar karyawan yang sudah bekerja tidak keluar dari perusahaan.
Compaq menerapkan knowledge management dengan 3 prinsip utama yaitu :
1.Mengembangkan intranet, kolaborasi infrastruktur, dan implementasi dari bisnis perusahaan
2.Menyediakan pelayanan yang memiliki full-life cycle
3.Bekerja sama dengan pelanggan untuk mendukung e-commerce, supply chain dan customer relationship management.
Berdasarkan prinsip tersebut, Compaq mempunyai beberapa program yang diterapkan dalam perusahaannya yaitu :
1.Compaq inline
Ini adalah program intranet yang menyambungkan dengan website, database, messaging, aplikasi dokumen, laporan, dan lainnya.
2.Compaq services knowledge network
Berisi 200.000 halaman informasi yang mencakup dunia. Masing-masing halaman di-manage oleh pemilik halaman yang menyimpan informasi terkini.
3.Reader’s choice
Menyediakan berita, pengumuman, kebijakan untuk pengguna. Dengan cara ini, waktu penyebaran informasi sangat cepat dan otomatis.
4.Web Information Repository (WebIR)
Menyediakan karyawan sebuah lokasi pusat untuk mencari, memperbanyak dokumen seperti brosur, dokumentasi teknis.
-ITALY-
12 tahun yang lalu
2 komentar:
wah jen-jen... panjang bener...
hehe...
oke banget tuh program-program yang ada di Compaq. gue jadi agak ngerti dikitlah. hehehe
ahhh jecil..
padahal kemaren gue pengen compaq..
ternyata dikau sudah duluan..
huh! ehehehe
;)
Posting Komentar